Home News

Sukses Besar! Tiga Toko MINISO Dibuka di Indonesia Pada Saat Yang Bersamaan

Source:MINISORead:1119Date:2017-02-28

Pada Tanggal 24 Februari, MINISO, sebuah fast fashion designer brand dari Jepang, didirikan di Indonesia, membuat langkah maju untuk ekspansi globalnya. Kabarnya, MINISO memmbuka tiga toko pada hari yang sama dan ketiga toko tersebut terletak di sekitar dearah pusat kota Jakarta. Dalam waktu kurang dari tiga jam, total hasil penjualan dari ketiga toko tersebut mencapai 100 juta Rupiah. Pada hari pembukaan tersebut, hasil penjualan dari ketiga toko tersebut melebihi 550 juta Rupiah, memecahkan rekor penjualan industry retail lokal.

           (Illustration: Mr. Miyake Junya and Mr. Ye Guofu, co-founders of MINISO attended the opening ceremony with Indonesian guests.)
       

Pada upacara pembukaan, MINISO mengadakan sebuah konferensi pers dan mengundang Mr. Miyake Junya, pendiri MINISO dan kepala desainer MINISO, MR. Ye Guofu, pendiri MINISO dan CEO MINISO, Mr. Li Minxin, wakil kepala perusahaan MINISO daerah Asia Pasifik dan super star Indonesia Boy William, yang memiliki popularitas tinggi di Instagram untuk menyaksikan momen khusus ini. Setelah itu, Mr. Miyake Junya menyampaikan sepatah dua kata dalam konferensi pers. Dia menyatakan terima kasih kepada pemerintah Indonesia dalam dukungannya terhadap pendirian MINISO dan juga berterima kasih atas perhatian orang-orang untuk brand MINISO. Setelah itu, ia menyebutkan bahwa Indonesia akan menjadi sebuah fondasi yang kuat untuk perkembangan MINISO di Asia Tenggara dan di negara-negara berkembang lainnya. Mr. Miyake Junya juga menggambarkan perkembangan MINISO dan rencana perkembangan MINISO di masa depan. Dia menyatakan bahwa toko-toko MINISO di pasar Indonesia akan dikelola langsung oleh pusat. Di akhir tahun 2017, MINISO berencana untuk membuka 200 toko di Indonesia, dan dalam waktu tiga tahun MINISO berharap bisa mendirikan sebanyak 1000 toko di Indonesia. MINISO akan mendirikan anak perusahaan di Indonesia, Jerman, Brazil, Afrika Selatan, Mesir dan India, menyediakan produk berkualitas tinggi dengan harga yang relative rendah untuk konsumen di seluruh dunia, sehingga orang-orang bisa menikmati pengalaman berbelanja.

                                                                      (Illustration: MINISO was opened in Indonesia, attracting a large number of consumers.)
       

MINISO menyediakan sebuah pertunjukan yang menarik perhatian banyak konsumen pada saat melakukan pembukaan dan ditambah dengan desain tokonya yang simple namun menarik, MINISO berhasil menarik banyak pelanggan untuk datang mengunjungi tokonya. Tidak lama setelah pembukaan, toko-toko MINISO dipenuhi oleh para pelanggan. Berbagai produk berkualitas tinggi dengan harga yang murah menarik perhatian para konsumen. Sejumlah produk yang populer seperti tas dan botol MINISO kehabisan stock beberapa jam setelah pembukaan. Bahkan artis super star Boy William pun ikut mengambil keranjang belanja dan memilih produk-produk yang disukainya. Saking banyaknya pelanggan, pegawai toko tidak dapat melakukan restok barang. Bahkan ada beberapa produk yang kehabisan stok. Untuk memastikan supaya setiap konsumen yang datang bisa membeli produk yang mereka inginkan, toko-toko tersebut harus mengendalikan jumlah pengunjung. Kabarnya, walaupun ekonomi Indonesia telah pulih dalam beberapa tahun ini, konsumen masih mengalami tekanan pada saat melakukan pembelanjaan. Salah satu konsumen yang diwawancarai oleh wartawan mengatakan, "saya tidak pernah melihat produk dengan kualitas tinggi dan harga murah seperti ini. Saya berharap MINISO bisa diperkenalkan ke Indonesia beberapa tahun sebelumnya." Pelanggan tersebut juga mengatakan bahwa ia berharap akan dibuka lebih banyak toko MINISO di Indonesia supaya semua orang bisa membeli produk berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau.

                                                (Illustration: MINISO opened three stores on the same day, breaking sales record of local retail industry.)
       

Dengan produk "berkualitas tinggi, kreatif dan murah", MINISO tidak hanya disukai oleh pelanggan Indonesia namun juga merupakan brand yang populer di seluruh dunia. Dalam tiga tahun, MINISO telah buka lebih dari 1,800 toko di lebih dari 40 negara dan wilayah, termasuk Amerika Serikat, Kanada, Australiam, Singapura, Cina, dan Jepang. Secara global, rata-rata MINISO membuka 80-100 toko setiap bulan. MINISO berharap bahwa dengan melakukan ekspansi ke Indonesia, MINISO tidak hanya memiliki kesempatan untuk menyediakan produk dengan kualitas tinggi dan harga terjangkau kepada para konsumen namun juga memiliki kesempatan untuk memilih supplier-supplier kelas dunia dengan mengintegrasikan sumber dayanya di Indonesia. Pada satu sisi MINISO bisa mengehmat biaya dengan menggunakan kekayaan sumber daya alam dan tenaga kerja di Indonesia, pada sisi lainnya, pendirian MINISO di Indonesia menyediakan banyak lowongan kerja dan meningkatkan tingkat pemasukan orang local.
        Pada tahun 2017, MINISO siap untuk berkembang dengan pesat. Sebuah fase baru untuk ekspansi global akan membawa perubahan baru untuk industry retail. Mr. Ye Guo Fu mengatakan bahwa pendirian MINISO di Indonesia tidak hanya akan mempercepat perkembangan global MINISO namun juga membahwa sebuah pengalaman belanja yang bahagia untuk konsumen local dan juga membawa pengaruh baik pada situasi industry retail lokal. MINISO akan meningkatkan kecepatan ekspansi globalnya di masa depan. Diperkirakan bahwa aka nada 6,000 toko MINISO di seluruh dunia pada tahun 2020, dengan pendapatan global sebanyak RMB 60 milyar.