Home News

Sekali Lagi MINISO Memecahkan Rekor Penjualan, Dalam 3 jam Mencapai 1 Milyar Rupiah

Source:MINISORead:963Date:2017-03-16

 

Pada tanggal 24 Februari 2017, MINISO, pada hari itu juga membuka 7 toko di 5 negara yang berbeda, termasuk Indonesia, Nepal, Dubai, Singapura, dan Pilipina. Launching brand MINISO pada hari itu dilakukan dengan skala yang cukup besar sehingga dapat menarik perhatian seluruh dunia. Hasil penjualan pada hari tersebut juga merupakan sebuah hal yang patut diberi perhatian. Penjualan dari setiap toko berlipat ganda dan mencapai angka milyaran Rupiah.

(Illustration: MINISO opened three stores in Indonesia on the same day, spurring local spending spree.)

Untuk pendirian MINISO pertama di Indonesia, MINISO melakukan launching untuk tiga toko sekaligus. Mr. Miyake Junya, pendiri MINISO dan kepala desainer MINISO, MR. Ye Guofu, pendiri MINISO dan CEO MINISO, Mr. Li Minxin, wakil kepala perusahaan MINISO daerah Asia Pasifik dan super star Indonesia Boy William menghadiri acara pembukaan toko MINISO, dan menyakiskan juga momen khusus dimana secara formal MINISO dinyatakan mulai bekerjasama dengan Indonesia. Pada hari itu seluruh toko MINISO dipenuhi oleh pelanggan. Hampir semua pelanggan harus menunggu dalam antrian yang panjang. Dalam waktu kurang dari tiga jam, hasil penjualan dari tiga toko mencapai angka lebih dari 1 milyar Rupiah Indonesia. Hasil penjualan tersebut melebihi angka 550 juta Rupiah Indonesia, yang merupakan sebuah rekor penjualan di industri retail Indonesia.

Pada saat yang bersamaan, toko-toko di Nepal juga memiliki hasil yang luar biasa. Sebagai sebuah negara yang bergantung pada pertania, 80% dari orang Nepal terlibat dengan pertanian sehingga mayoritas dari penduduk Nepal memiliki pendapatan per kapita yang relatif rendah. Dikarenakan oleh hal tersebut, penduduk Nepal lebih tertarik pada produk yang relative murah namun memiliki kualitas yang tinggi. MINISO didirikan di Nepal dengan produk-produk yang berkualitas, desain yang kreatif dan harga yang bersaing, yang memenuhi kebutuhan orang-orang untuk meningkatkan standar kehdiupan dan tingkat konsumsi mereka. Dengan demikian, produk "berkuaitas tinggi, kreatif dan harga murah" menarik banyak konsumen untuk datang dan berbelanja di MINISO. Salah satu pelanggan yang diwawancara oleh wartawan mengatakan, "Saya tidak pernah berbelanja tanpa keraguan sebelumnya. Saya tidak harus peduli mengenai kualitas maupun harga. Berbelanja di MINISO merupakan sebuah pengalaman berbelanja yang menyenangkan." Menurut statistic, hasil penjualan pada hari pertama di toko MINISO Nepal melebihi USD 20,000 dimana bisa dikatakan bahwa angka penjualan tersebut merupakan sebuah keajaiban di industri retail Nepal. MINISO pun membuka toko Jawalakhel, yang merupakan toko kedua MINISO di Nepal. Sejak MINISO buka di Nepal Oktober lalu, MINISO tidak hanya meningkatkan standar kehidupan orang local, namun juga mendorong perkembangan industri retail local. MINISO sangat populer dengan konsumen local, sehingga menarik perhatian dan dukungan dari pemerintahan Nepal.

(Illustration: The MINISO store was opened in Nepal, which is popular with local consumers.)

Sebagian negara yang paling kaya di Timur Tengah, Dubai merupakan pusat perekonomian dan keuangan di Timur Tengah, yang juga disebut sebagai pusat bisnis wilayah Timur Tengah-Afrika Utara. Dalam beberapa tahun terakhir, dengan bertambah populernya perjalanan ke luar negeri, ekonomi Dubai bertumbuh dengan pesat. Walaupun tingkat konsumsi di Dubai relative tinggi, MINISO tetap bisa mencapai tingkat penjualan yang cukup memuaskan. Pada hari pembukaan, banyak pelanggan yang datang dan berbelanja di MINISO. Saking banyaknya pelanggan, pegawai toko tidak dapat melakukan restok barang. Bahkan ada beberapa produk yang kehabisan stok. Untuk memastikan supaya setiap konsumen yang datang bisa membeli produk yang mereka inginkan, toko-toko tersebut harus mengendalikan jumlah pengunjung. Pada jam-jam sibuk, bahkan polisi pun diundang untuk menjaga ketertiban. Sebenarnya situasi tersebut cukup sering terjadi di MINISO. MINISO meminta bantuan kepada polisi untuk menjaga ketertiban pada saat melakukan pembukaan toko di Laos, Thailand dan Mexico. MINISO telah membuka sejumlah toko di Singapura dan Pilipina, rekan kerja sama strategis MINISO, yang memiliki hasil yang baik dan menguntungkan banyak konsumen. Pada saat ini, toko-toko yang dibuka di Singapura, Pilipina, bersama dengan toko-toko di tiga negara lainnya, pada hari yang sama mengembangkan merek MINISO di pasar internasional.

(Illustration: The MINISO stores were packed with consumers, breaking sales records repeatedly.)

Faktanya adalah bahwa dimanapun MINISO berada, konsumen akan berdatangan dan berbelanja dalam jumlah yang banyak. Didirikan hanya sekitar tiga tahun yang lalu, MINISO telah menandatangani perjanjian kerja sama strategis dengan lebih dari 40 negara dan wilayah termasuk, Amerika Serikat, Kanada, Mexico, Australia, Singapura, dan Korea, membuka lebih dai 1,800 toko di seluruh dunia dan menyediakan produk berkualitas tinggi dengan harga yang relatif rendah. Selain itu, pada tahun 2016, sementara ekonomi seluruh dunia sedang mengalami penurunan, MINISO mencapai hasil penjualan sebanyak 10 milyar RMB.

Praktek dan ekspansi bisnis membuktikan bahwa tujuan awal yang ditekankan oleh MINISO, "meringankan tekanan belanja generasi yang lebih muda dan membuat lebih banyakan konsumen senang" merupakan sebuah tujuan yang benar dan memandang kepada masa depan. Secara umum, MINISO mengembangkan dan mendesain produk dari perspektif para konsumen. Sambil menekankan filosofi desain "kembali kepada alam dan mengembalikan esensi produk", MINISO juga menekankan pentingnya peningkatan kenyamanan dan fungsi produk. Sebagai tambahan, MINISO mengurangi laba demi konsumen dengan laba kotor hanya sebanyak 8%. Dikarenakan oleh filosofi MINISO yang mementingkan permintaan konsumen, MINISO bisa secara terus menerus menyediakan lebih banyak produk yang "berkualitas tinggi, kreatif, dan murah" untuk konsumen di seluruh dunia.

Tujuh toko dibuka di lima negara pada hari yang sama menunjukan momentum perkembangan MINISO di pasar global. Mr. Ye Guofu mengatakan bahwa, MINISO akan terus membuka toko di seluruh dunia. Pada tahun 2020, akan ada 6000 toko MINISO yang dibuka di seluruh dunia. Di antaranya, 200 toko akan dibuka di Indonesia pada tahun 2017, dan angka tersebut akan meningkat jadi 1,000 dalam waktu tiga tahun. Faktanya, MINISO akan mendirikan anak perusahaan di Indonesia, Jerman, Brazil, Afrika Selatan, Mesir dan India. MINISO akan berjuang untuk menyediakan lebih banyak produk yang "berkualitas tinggi, kreatif, dan murah" untuk konsumen di seluruh dunia. MINISO telah memulai ekspansi globalnya. Kejutan dan keajaiban yang akan dibawa oleh MINISO kepada konsumen merupakan suatu hal yang patut untuk ditunggu.